Pojok Dekan

Memagari Pendakwah

Setelah isu sertifikasi ulama reda, kini muncul rencana penyusunan pedoman ceramah di tempat ibadah oleh Kementerian Agama RI. Sebagaimana dijelaskan menteri agama, ada empat hal yang melatarbelakangi rencana ini. Keempat hal tersebut...

Arsip
Pojok Pembantu Dekan

Biografi KH. Hasan Maolani

K.H. HASAN MAOLANI (1779-1874). Masyarakat setempat menyebutnya “eyang Manado,” karena di akhir hidupnya diasingkan ke Manado, Sulawesi Utara oleh pemerintah Hindia Belanda. Hasan Maolani lahir di Lengkong, Garawangi,...

Arsip
Aktivitas Dosen

Ilim Abdul Halim; Iman Sebagai Modal Dialog dengan...

Majalaya, sebuah kawasan dari Kabupaten Bandung yang dikatakan sebagai kota Dolar pada tahun 1960-an, tumbuh dengan ekonomi yang luar biasa karena pertumbuhan pabrik-pabrik tenun di  sana. Kain sarung yang menjadi penanda kehidupan...

Arsip

Judul Skripsi Jurusan Aqidah Filsafat (1990-2007)
Update: Senin, 9-SEP-2013

1. SITI SA'ADAH “TINJAUAN AQIDAH ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERNIKAHAN ADAT SUNDA DI DESA CIPADUNG (SUATU PENELITIAN)

 

2. SOLATUN “AGREE IN DISAGREEMENT DAN PENERAPANNYA DALAM STUDI PERBANDINGAN AGAMA DI INDONESIA”

 

3. ADANG SUTRISMAN “UPACARA KEMATIAN SEBAGAI PROBLEMATIKA DA'WAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN CICADAS KECAMATAN CIBEUNYING KIDUL KOTAMADYA DT II BANDUNG)”

 

4. JUJUN JUNAEDI “PENGARUH IJTIHAD UMAR BIN KHATTAB TERHADAP PENGEMBANGAN DAKWAH (SUATU ANALISIS TERHADAP IJTIHAD UMAR BIN KHATAB DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN UMMAT)”

 

5. MOHD SORIYA BIN CHEMIS “FALSAFAH GERAKAN ANGKATAN BELIA ISLAM MALASYIA (ABIM) DALAM UPAYA PEMBANGUNAAN MASYARAKAT ISLAM”

 

6. DINDIN JAMALUDDIN “GERAKAN POLITIK JAMALUDDIN AL-AFGHANI (STUDI TENTANG PAN ISLAMISME DAN IMPLIKASINYA DI DUNIA ISLAM)”

 

7. TARNANINGSIH “METODE DAKWAH BERDASARKAN KLASIFIKASI USIA”

 

8. D. MUNADAR “AGAMA DAN ASHABIYAH DALAM PEMIKIRAN IBNU KHALDU”

 

9. AHMAD HIDAYATUDIN “KONSEPSI MANUSIA MENURUT HAMKA”

 

10. YANTI SUPRIYANTI “KONSEP BAPTIS MENURUT AGAMA KRISTEN”

 

11. MOH. AMIN B. ALI “FILSAFAH PERJUANGAN ANWAR IBRAHIM”

 

12. HETNI SHUMIATI “MOTIVASI KONVERSI AGAMA DARI KONFUCIUS KE ISLAM”

 

13. AANG SETIA “KONSEP PEMIKIRAN IBNUTAYMIYAH TENTANG NEGARA”

 

14. EULIS RITA RATNA JUWITA “SENI DALAM KONSEP KEBUDAYAAN SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA”

 

15. SISWANTO TS “PANDANGAN FILOSOFIS SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN IAIAN SGD BANDUNG (SUATU ANALISIS METHODOLOGI PENELITIAN FILOSOSFIS)”

 

16. KURAISIN “SUFISME MENURUT HAMAKA (SUATU TELAAH TERHADAP KONSEP TASAUF HAMKA)”

 

17.   SITI ROHMAH “ETIKA ORANG  BADUY DALAM MENGHADAPI ERA MODERNISASI”

 

18. ADE YAMA “HADIS DAN QODIMNYA AL-QURAN (STUDI KOMPARATIF ANTARA MU’TAZILAH DAN ASY-ARIYAH)”

 

19. AGUS SAEPUDIN “ETIKA BISNIS DALAM PESPEKTIF ISLAM (ANALISIS TERHADAP ETIKA PELAKU BISNIS DITINJAU DARI ETIKA ISLAM)”

 

20. MUNTAHA “PEMIKIRAN KEAGAMAAN SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA (SUATU ANALISIS FILOSOFIS ATAS PANDANGAN KEAGAMAAN)”

 

21. IDAH PARIDAH “PENDEKATAN ISLAM TERHADAP MASALAH KEADILAN SOSIAL DALAM KEHIDUPAN MANUSIA BERMASYARAKAT”

 

22. HAFIDZ USTMAN “PERKEMBANGAN FAHAM KETUHANAN MASYARAKAT ARAB JAHILIYAH (STUDI ANALISIS FILSAFAT KETUHANAN)”

 

23. CUCUN JULAEHA FALAH “MUJADALAH SEBAGAI METODE DAKWAH DALAM PERSPEKTIF PARA MUFASSIR AL-QURAN”

 

24. MUHIPAH “KONEP PERBUATAN MANUSIA MENURUT MU’’TAZILAH DAN ASY’ARIYAH”

 

25. SALLEH BIN KASIM “DAKWAH BAHAGIAN HAL EHWAL ISLAM (BAHEIS) DI TUARAN SABAH-MALAYSIA”

 

26. ACEP SAEPUDIN “FILSAFAT HIDUP MUSLIMMENURUT HAMAKA”

 

27.  ASEP SOLEHUDDIN “PANDANGAN SYAFRUDDIN PRAWIRA NEGARA TENTANG SISTEM EKONOMI ISLAM (STUDI ANALISIS TEORITIS)”

 

28. ABDUL HARIS HS “ANALISIS FILOSOFIS SIMBOLISME DAN MISTISISME DALAM WAYANG KULIT PADA TRADISI MASYARAKAT DESA SUNGAI BUNTU KECAMATAN PEDES KABUPATEN KARAWANG”

 

29. D. MULYADI “SUARA HATI : SUARA MANUSIA ATAU SUARA TUHAN (PERSPEKTIF FILSAFAT MORAL)”

 

30. ASEP “PANDANGAN K.H. ABDURRAHMAN WAHID TENTANG POLITIK NU”

 

31. CECEP HILMA “ETIKA TASAWUF SANTRI (STUDI TENTANG PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN TASAWUF DI PONDOK PESANTREN AT-TA’SYIQI KADUMERNAS DESA CIPUTRI KEC. BANJAR KAB. DT II PANDEGLANG)”

 

32. DENA JULIA WITRI “PERBUATAN MANUSIA DALAM PANDNGAN SYEKH M. ABDUH”

 

33. HUDRI “STUDI ANALISIS PERBANDINGAN PERKEMBANGAN FILSAFAT PANTHEISME DI BARATDAN DI INDIA”

 

34. MUMUH SAEPUDIN “PEMIKIRAN ZAENAL ABIDIN AHMAD TENTANG HUBUNGAN NEGARA DAN AGAMA (SUATU TINJAUAN FILSAFAT POLITIK ISLAM)”

 

35. MUHLAS “MAKNA FILOSOFIS YANG TERDAPAT PADA SIMBOL-SIMBOL TRADISI UPACARA ADAT WYANGKU (PENELITIAN DI DESA PANJALU KABUPATEN DT II CIAMIS”

 

36. MOHAMAD JALALUDIN “KONSEP DEMOKRASI MENURUT PEMIKIRAN SOEKARNO (SUATU TINJAUAN ANALISIS TEORITIS)”

 

37. RIZAL MUHAROM “KEADILAN POLITIK DALAM PANDANGAN FILSAFAT PANCASILA (SUATU TINJAUAN ANALISIS TEORITIS)”

 

38. HERI PURNAMA “PRINSIP-PRINSIP BERPIKIR LOGIS SEBUAH LANGKAH MENCARI KEBENARAN (STUDI ANALISIS FILSAFAT ISLAM)”

 

39. SITI FATIMAH “FILSAFAT HIDUP BUDAYA MASYARAKAT BETAWI (STUDI ANALISIS DESKRIFTIF UPACARA DAUR HIDUP DI KEC. CILINCING KEL. MARUNDA JAKARTA UTARA”

 

40. UNDANG “PANDANGAN SAYYID ABU A’LA AL-MAUDUDDI TENTANG NEGARA”

 

41. ASEP RIZAL “AZAS SYARIKAT ISLAM (SUATU TINJAUAN FILOSOFIS)”

 

42. DANI MUHAMMAD NUGRAHA “PANDANGAN H. DJARNAWI HADIKUSUMA TENTANG KEBANGKITAN STELAH KEMATIAN”

 

43. EKA TRISNAWANTO “PANDANGAN SAYYID HOSEIN NASR TENTANG MODERNITAS DAN TASAWUF”

 

44. SITI KOMARIAH “STUDI ANALISIS DESKRIPSI TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT SIGUGUR TENTANG MITOS IBADAH HAJI”

 

45. SITI KOMARIAH “STUDI ANALISIS DESKRIPSI TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT CIGUGUR TENTANG MITOS IBADAH HAJI”

 

46. SYAFRUDIN “ANALISIS FILOSOFIS TERHADAP MISTISISME SHALAT TAREKAT HIKMAT AL-SHALAT (STUDI LITERATUR TENTANG AJARAN TAREKAT HIKMAT AL-SHALAT)”

 

47. IMAN SHOLEH NURDIN “KONSEP ESTETIKA DALAM TASAWUF MUHAMMAD IQBAL”

 

48. MR. MABEE DEE ABOO “PERKEMBANGAN PEMIKIRAN UMAT ISLAM DI PATANI : SEJARAH DAN GERAKAN 1964 SAMPAI SEKARANG”

 

49. ADEN FATHUL KAMALUDDIN “MAKNA FILOSOFIS YANG TERDAPAT PADA SIMBOL-SIMBOL PERTUNJUKAN KESENIAN TRADISIONAL KUDA LUMPING (PENELITIAN DI DESA SIDAHARJA KECAMATANLOKBOK KABUPATEN TIN GKAT II CIAMIS)”

 

50. AHMAD HALAWI S “HAKEKAT KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB DALAM PANDANGAN FILSAFAT PANCASILA (STUDI PENELITIAN LITERATUR)”


51. ENCEP KHOERUDDIN “STUDI KRITIS TERHADAP ILMU TUNGGENG (TINJAUAN AQIDAH ISLAMIYAH PENELITIUAN DI DESA BOJONGKANTONG KECAMATAN LANGENSARI KABUPATEN CIAMIS)”

 

52. EVI SOFIYAH “KONSEP DAN POLA DZIKIR TAREKAT IDRISIYYAH (STUDI PENELITIAN ANALISIS DESKRIPTIP TERHADAP KONSEP DAN POLA DZIKIR TAREKAT IDRISIYYAH DI PP. FATHIYYAH IDRISIYYAH KP. PAGENDENGAN KEC. CISAYANG KAB. DT II TASIKMALAYA”

 

53. HERI JOHARI “STUDI KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN FRANS MAGNIS SUSENO SJ. TENTANMG DEMOKRASI”

 

54. MUCHLIS “ETIKA ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SUTAN ALISYAHBANA”

 

55. M. SUDARTA HS. “PANDANGAN ULAMA TENTANG TEOLOGI (STUDI ANALISIS DESKRIPSI DI KELURAHAN BESI KECAMATAN BESI KOTA ADMINISTRASI DEPOK)”

 

56. OLIH “FILSAFAT HIDUP MASYARAKAT TRANSISI”

 

57. ANWAR SOLIHIN “REKONSTRUKSI ETIKA ISLAM (STUDI KOMPARATIF ATAS PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN AL-MAUDUDI)”

 

58. FATIMAH “UNSUR ESTETIKA ALAM DI DESA SAFAR WADI PAMIJAHAN KABUPATEN TASIKMALAYA (STUDI PENELITIAN ANALISIS HERMENEUTIK)”

 

59. TOTOH ABDUL FATTAH “AKAL DALAM PANDANGAN  IBNU RUSYD”

 

60. ADE SYAHIRUL ANWAR “ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN IBNU TAYMIYAH TENTANG TAWASUL (STUDI PENELITIAN LITERATUR)”

 

61. FATMI ROSELA “KONSEP DAN POLA DZIKIR THAREQAT QODIRIYYAH NAQSABANDIYYAH (STUDI PENELITIAN ANALISA DESKRIPSI DI PONDOK PESANTREN SURYA LAYA TASIKMALAYA)”

 

62. E. YUNANINGSIH AS. “HAK-HAK AZASI MANUSIA MENURUT PANDANGAN BAHARUDDIN LOPA”

 

63. ADE BADRIYAH “ANALISIS KRITIS TERHADAP KETUHANAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA (STUDI PENELITIAN ANALISIS KRITIS DI DESA KERTAYASA KELURAHAN PANAWANGAN KABUPATEN TINGKAT II CIAMIS)”

 

64. TRIYONO RUKMAN “TASAWUF DALAM PANDANGAN IMAM KHOMEINI”

 

65. ROHIMAT “KEBUDAYAAN DAN POLITIK MENURUT PEMIKIRAN EMHA AINUN NADJIB (STUDI PENELITIAN LITERATUR)”

 

66. SITI MARYAM “ANALISIS KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN ANNEMARIE SCHIMMEL TENTANG WANITA DALAM MISTIK ISLAM”

 

67. MUH SAEFUDDIN “TUHAN DALAM PANDANGAN KAHLIL GIBRAN”

 

68. OOM ROKAYAH “PEMIKIRAN YUSUSF AL-QARDHAWI TENTANG KEDUDUKAN WANITA (STUDI LITERATUR)”

 

69. UDIN “ETIKA KEPEMIMPINAN KH. A. LATIEF MUCHTAR MA (STUDI ANALISA TERHADAP ETIKA KEPEMIMPINAN  KH LATIEF MUCHTAR MA DARI TAHUN 1983-1997)”

 

70. AHMAD SHOGIRI “ETOS KERJA DALAM FALSAFAH SUNDA (STUDI ANALISIS DI DESA BOLANG KECAMATAN TIRTA JAYA KABUPATEN DT II KARAWANG)”

 

71. RIDWAN ARIFIN “PEMIKIRAN WHITEHEAD TENTANG JATI DIRI MANUSIA”

 

72. AIM “MANUSIA DAN TRADISI KEBUDAYAAN DALAM PEMIKIRAN UMAR KAYAM (STUDI ATAS KARYA NOVEL UMAR KAYAM)”

 

73. AEP SAEPUDIN “KERAGUAN METODOLOGI DALAM PROSES PERKEMBANGAN PEMIKIRAN AL-GHAZALI”

 

74. DIDIN KOMARUDIN “PANDANGAN ULAMA TENTANG TEOLOGI (STUDI ANALISIS DESKRIPSI DI DESA CIKANCUNG KECAMATAN CIKANCUNG KAB. BANDUNG)”

 

75. ASEP ALFATAH “PERANAN PESANTREN SUNANUL HUDA DI CISAAT DALAM MENGHADAPI KRISTENISASI”

 

76. GUNAWAN ANJAR SUKMANA “OTONOMI MORALITAS MANUSIA (STUDI ATAS PEMIKIRAN IMMANUEL KANT TENTANG ETIKA DAN IMPERATIF KATEGORIES)”

 

77. IMAS SUHAEBAH “JIWA MENURUT AL-GHAZALI“

 

78. ROSIHON FAHMI “ANALISIS ABSUDIRTAS ALBERT CAMUS TERHADAP MATI SYAHID DALAM ISLAM”

 

79. TB. MIFTAHUL JANNAH “KONSEP NEGARA ISLAM MENURUT SEKARMADJI MARIDJAN KARTOSOEWIRYO”

 

80. WAWAN SUPRIATNA “ANALISIS TEOLOGIS TERHADAP PEMIKIRAN IMAM KHOMEIMI TENTANG REVOLUSI ISLAM IRAN”

 

81. ASEP SAEPULLAH “KRITIK EPISTEMOLOGI MOHAMMAD ARKOEN TERHADAP EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN ISLAM”

 

82. SRI RUSMAYANTI “ANALISIS JENDER TERHADAP KEBIJAKAN PEMERDAYAAN PEREMPUAN DI PERUSAHAAN COCA COLA RANCAEKEK KAB. BANDUNG”

 

83. LILIK AHMAD ALIM “DAMPAK INDUSTRIALISASI PADA ETIKA MASYARAKAT URBAN (SUTI PENELITIAN DI KEC. CICADAS KOTA BANDUNG)”

 

84. LELI IKLIMA “MAKNA KEMATIAN MENURUT FALSAFAH EKSISTENSIALISME”

 

85. AAN ALIYUDIN “AGAMA DALAM KESADARAN MANUSIA MODERN MENURUT PERSPEKTIF SOSIOLOGIS FENOMENOLOGIS (STUDI TERHADAP KARYA-KARYA PETER L. BERGER)”

 

86. SUBHAN “ANALISIS TEOLOGI SOSIAL TERHADAP KONSEP DEMOKRASI PANCASILA MENURUT NURCHOLISH MADJID”

 

87. NENG HANNAH “ANALISIS KUASA MICHEL FOUCAULT TERHADAP KONSEP GENDER DAN PEMBANGUNAN (GENDER AND DEVELOMPENT/GAD)”

 

88. ACHMAD YUDHANA SAPUTRA “SISTEMATIKA TEOLOGI ISLAM HARUN NASUTION”

 

89. DINI NURLAELA “KONSEP CINTA DALAM PEMIKIRAN TASAWUF JALALUDDIN RUMI”

 

90. IIN INOH “PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI TENTANG PEREMPUAN”

 

91. YUDI DARYATI “KEMBALI PADA AL-QURAN DAN AS-SUNNAH: ANALIS TERHADAP NALAR KEAGAMAAN DEWAN HISBAH PERSIS DALAM PERSPEKTIF KRITIK NALAR MOHAMMAD ABID AL-JABIRI”

 

92. DIDIK HIKMAWAN “EKSISTENSI MANUSIA THEIS : ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN MUHAMMAD IQBAL”

 

93. NURAININGRUM “KONSEP INSAN KAMIL DALAM PEMIKIRAN TASAWUF ABDUL KARIM AL-JILI”

 

94. GIOVANI TAREGA “PEMIKIRAN S.M. KARTOSOEWIRYO TENTANG HUBUNGAN ANTARA ISLAM DAN NEGARA”

 

95. RITA “KONSEP KEMATIAN MANUSIA MENURUT AL-GHAZALI”

 

96. DENI NURJAMAN “CINTA SEBAGAI DASAR KONSEP WAHDAT AL-WUJUD DALAM TASAWUF JALALUDDIN RUMI”

 

97. HASAN MUSTAPA “KONSEP RUH IBNU QOYUM AL-JAUZIYAH (621 H. – 751 H.) DAN GEORGE WILHELM FRIEDERICH HEGEL (1770 M. – 1831 M.)”

 

98. WINARNI “ANALISIS EKSISTENSIALISME TERHADAP POEMIKIRAN PAULO FREIRE TENTANG PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN”

 

99. SITI SA'ADAH “KONSEP THEOLOGY AL-ASY'ARI TENTANG SIFAT-SIFAT TUHAN”

 

100. IHAT SOLIHAT “KONSEP ETIKA SOSIAL MENURUT FRANZ MAGBIS SUSENO (ANALISIS FILSAFAT MANUSIA)”

 

101. IIS JUHROH “KONSEP KESETARAAN GENDER DALAM ISLAM MENURUT FATIMA MERNISI”

 

102. KHARIROH “PANDANGAN ETIKA KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA MANGKUNAGARA IV TENTANG “SIKAP ING PAMRIH DAN RAME ING GAWE” (STUDI ETIKA ATAS SERAT WEDHATAMA)”

 

103. ASEP BINANGKIT “EPISTEMOLOGI MENURUT IMMANUEL KANT”

 

104. AHMAD KURNIA “MANUSIA DALAM PANDANGAN MARTIN HEIDEGGER (STUDI ANALISIS KRITIS)”

 

105. ABDUL AZIZ MUSLIM “SIFAT-SFAT TUHAN DALAM PANDANGAN A. HASAN”

 

106. AHMAD KURNIA “MANUSIA DALAM PANDANGAN MARTIN HEIDEGGER (STUDI ANALISIS KRITIS)”

 

107. ASEP BINANGKIT “EPISTEMOLOGI MENURUT IMMANUEL KANT (STUDI ANALISIS KRITIS)”

 

108. DWI SUROKHMAN “PERAN AKAL BUDI DALAM MEREALISASIKAN HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN TINDAKAN (TINJAUAN ATAS PEMIKIRAN JOHN DEWEY)”

 

109. HERU DAYATULLAH “PEMIKIRAN METAFISIKA SUBSTANSI MENURUT ARISTOTELES”

 

110. HIDRA MULYANA NUGRAHA “EPISTEMOLOGI PLATO”

 

111. INDRA GUNAWAN “KEMERDEKAAN DALAM PANDANGAN BUNG KARNO (ANALISIS FILSAFAT EKSISTENSIALISME)”

 

112. IHAT SOLIHAT “KONSEP ETIKA SOSIAL MENURUT FRANZ MAGNIS SUSENO (ANALISIS TERHADAP ETIKA SOSIAL)”

 

113. ISWANTI “KONSEP CINTA DALAM PERSPEKTIF HINDU MENURUT GEDE PRAMA”

 

114. MOH. HARIS NOER “PANDANGAN HASAN HANAFI TERHADAP TURATS KLASIK”

 

115. MU'ARIFUL MI'ROJ “ISLAM PLURALISME AGAMA (PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID)”

 

116. RUSWANDI “EPISTEMOLOGI ISLAM MENURUT MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS”

 

117. SIROJUDIN “KONSTRUKSI TEOLOGI HARUN NASUTION (STUDI KEPUSTAKAAN)”

 

118. SITI AKBARI “FUNDAMENTALISME AGAMA DALAM PEMIKIRAN KAREN AMSTRONG”

 

119. TEDI PURAWIGANDA “KONSEP  MANUSIA MENURUT FRITHJOF SCHUON”

 

120. WARYAT “RELASI TUHAN DAN MANUSIA DALAM PEMIKIRAN TASAWUF MANSHUR AL-HALLAJ”

 

121. YEKI WARDIANSYAH “HUBUNGAN ISLAM DAN NEGARA MENURUT ALI ABDUL RAZIQ”

 

122. ACHMAD RUHIYAT “ANALISIS TEORI PREHENSI FILSAFAT PROSES ALFRED NORTH WHITNEHED  TERHADAP RELASI SUBJEK-OBJEK PADA FILSAFAT MODERN”

 

123. AJID MUKTI “TAQDIR DALAM PANDANGAN MURTADHA MUTHAHHARI”

 

124. ELIN HERLINA “KRITIK PEMIKIRAN MURTHADA MUTHAHARI TERHADAP KONSEP MATERIALISME KARL MARX”

 

125. EUIS KOMALA “SISTEM PEMERINTAHAN ISLAM MENURUT IMAM KHOMEINI (ANALISIS FILSAFAT POLITIK)”

 

126. RAUDHATUL JANNAH “KONSEP PEMIKIRAN GENDER MENURUT ANNEMARIE SCHIMMEL (ANALISIS TERHADAP PEMIUKIRAN ANNEMARIE SCHIMMEL)”

 

127. RONI MUHAEMIN “ETIKA DALAM PANDANGAN IMMANUEL KANT”

 

128. SOBIRIN “KONSEP PENGETAHUAN MENURUT MULLA SHADRA”

 

129. ADE SUMARNO “FILSAFAT POLITIK BUNGKARNO: PANDANGAN BUNG KARNO TERHADAP NASIONALISME”

 

130. IRFAN KUSNADI “KONSEP TUHAN DALAM FILSAFAT NIETZSCHE (STUDI ANALISIS DESKRIFTIF TENTANG "TUHAN TELAH MATI"

 

131. MUHAMMAD ABDUH “PEMIKIRAN JALALUDDIN RUMI TENTANG KEBEBASAN SEBAGAI DASAR ELSISTENSI MANUSIA”

 

132. PONPON SUGIHATINI “KEMATIAN MANUSIA DALAM PANDANGAN ALBERT CAMUS DAN MURTADHA MUTHAHHARI”

 

133. WIWIN  SUSANTI “ANALISIS FILOSOFIS ADAT MULASARA BALI DALAM TRADISI SUNDA : TELAAH TERHADAP BUKU ADAT ISTIADAT SUNDA KARANGAN R.H. HASAN MUSTAPA”

 

134. M. IHSANUDDIN SOARES “KEBEBASAN SEBAGAI REFLEKSI NURANI MENURUT ERICH FROMM (STUDI ANALISIS KRITIS)”

 

135. SEPTI SETIAWATI “KONSEP ETIKA M ENURUT IBN MISKAWAIH”

 

136. AGUS HENDRO WASITO “KEDUDUKAN PEREMPUAN DALAM PANDANGAN SISWI SMK NEGERI 1 SUBANG (STUDI ANALISIS TEOLOGI FEMINISME)”

 

137. EUIS FARIDA “TEOLOGI AHMADIAH”

 

138.  SA'ADUDIN “KONSEP PLURALISME AGAMA DALAM PERSPEKTIF TEOLOGI NURCHOLISH MADJID”

 

139. USEP FIRDAUS “PLURALISME AGAMA MENURUT SAYYID HOSSEIN NASR”

 

140. AGUS ISMAIL YAKUB “KEMERDEKAAN DALAM PANDANGAN TAN MALAKA (ANALISIS FILSAFAT EKSISTENSIALIS)”

 

141. TATEP ANWAR SUHAEVI “KONSEP NALAR EPISTEMOLOGI ARAB MENURUT MUHAMMAD ABID AL-JABIRI”

 

142. AJAT SUDRAJAT “KONSEP AL-GHAZALI TENTANG AKAL BUDI”

 

143. SOLEHUDDIN “KONSEP MANUSIA TRADISIONAL DALAM PANDANGAN SAYYED HOSEIN NASR”

 

144. UDAN KUSAERI “TAKDIR MANUSIA MENURUT MUHAMMAD IQBAL”

 

145. UPAH MASPUPAH ”STUDI ANALISIS KRITIS : PEMIKIRAN ERICH FROMM TENTANG SEKSUALITAS MANUSIA DALAM PERSPEKTIF GENDER”

 

146.VERAWATI “PANDANGAN MUHAMMAD ABDUH TERHADAP AKAL”

 

147. AGUS KHOZIN “KONSEPSI MANUSIA MENURUT DRIJARKATA”

 

148. LILIS MARLINA “EPISTEMOLOGI AL-GHAZALI”

 

149. DODY ZAKY ABID “EPISTEMOLOGI IBNU SINA”

 

150. DADANG SETIA “ANALISIS FILSAFAT PERENNIAL DR. KOMARUDDIN HIDAYAT TERHADAP DEMOKRASI”

 

151. LUKMANUL HAKIM “KONSEP DAN POLA DZIKIR TAREKAT QODARIYAH NAQSABANDIYAH (STUDI PENELITIAN OBSERVASI DI KP. SELAGOMBONG DESA SUKAKERTA KEC. PARAKAN SALAK KAB. SUKABUMI”

 

152. ANGIT MUSMILAH “KONSEP HIJRAH DAN PEMIKIRAN SEKARMADJI MARIDJAN KARTOSOEWIRYO”

 

153. NENDEN NUR IKA “MANUSIA MERDEKA DALAM PANDANGAN BUNG HATTA”

 

154. SAIFUL QOTI MARA KESUMA “TAKDIR DALAM PEMIKIRAN AHMAD RASYIDI SUTAN MANSUR”

 

155. DUDUN HUDZAIFAH “SIMBOLISME SEMAR DALAM WAYANG GOLEK”

 

156. AMIRUDDIN HM “STUDI KRITIK PEMIKIRAN FEUERBACH TENTANG AGAMA”

 

157. ALI KHUMAIDI “METODE KERAGUAN DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI DAN DESCARTES (SUATU STUDI PERBANDINGAN)”

 

158. DINDIN SYARIFUDDIN “ASPEK TEOLOGI ISLAM DALAM PEMIKIRAN SOSIALISME ASGHAR ALI ENGINEER”

 

159. ROHIMAH “ANALISIS PERBANDINGAN KEBEBASAN MANUSIA MENURUT MURTADHA MUTHAHHARI DAN KAL JASPERS”

 

160. ZAINAL MUTTAQIEN “KATEGORISASI PEMIKIRAN FILSAFAT MENURUT AL-GHAZALI (STUDI ANALISIS TERHADAP KONSEP DAHRIYYUN THABI’YYUN DAN ILAHIYYUN)”

 

161. HERA HIDAYATULLAH “KONSEP NEGARA ISLAM MENURUT FAZLUR RAHMAN”

 

162. ORI HERDIYANA “KONSEP METAFISIKA MUHAMMAD IQBAL”

 

163. DARSIAH “EKSISTENSI MANUSIA MENURUT S.M. KARTOSUWIRYO”

 

164. ANEN SITIANTO “STUDI KRITIS PEMIKIRAN NURKHOLISH MADJID TENTANG MASYARAKAT MADANI”

 

165. H. NOERSAID ANWAR “PEMIKIRAN TEOLOGIS M. QURAISH SHIHAB”

 

166. AHMAD SYUZA’I “STUDI KOMPARATIF ANTARA M.IQBAL”

 

167. DEDEN MUHAMMAD AKBAR “KONSEP EMANASI MENURUT PLOTINUS DAN IBNU ARABI”

 

168. DADANG AJI PERMANA “KONSEP MANUSIA  MENURUT MAURICE BUCAILLE”

 

169. SITI MASITOH “MAKNA FILOSOFIS YANG TERDAPAT PADA SIMBOL-SIMBOL UPACARA DAUR HIDUP (STUDI PENELITIAN DI KAMPUNG CIAWAITALI DESA PASIR HUNI KEC CIMAUNG KAB BANDUNG)”

 

170. ASEP RAHMAT “KRITIK HARUN YAHYA TERHADAP MATERIALIME KARL MARK”

 

171. ZAENAL ABIDIN “SYURA DAN DEMOKRASI MENURUT MUHAMMAD SYAHRUR”

 

172. ACEP KOSIM MUHIBAH “KEMATIAN MANUSIA MENURUT MORRIE SCHWARTZ”

 

173. M. KAMALUDIN K A “KONSEP UNIVERSALISME ISLAM NURCHOLISH MADJID DALAM TINJAUAN FILSAFAT PROSES  A.N. WHITEHEAD”

 

174. ALI S. MIFKA “KONSEP SAINS ISLAM MENURUT ZIAUDDIN SARDAR”

 

175. CHANDRA GUPTA “KONSEP FUNDAMENRALISME MENURUT HASAN HANAFI”

 

176. UJANG MAHMUDIN NUGRAHA “PEMIKIRAN MOHAMMAD NATSIR TENTANG RELASI ANTARA AGAMA DAN NEGARA”

 

177. ENENG EROS ROSMAYATI “TINJAUN MOHAMMAD HATTA TERHADAP SOSILAISME KARL MARX”

 

178. AHIRUDIN YUNUS “KONSEP OKSIDENTALISME HASSAN HANAFI”

 

179. AGUS BUHORI “ETIKA MASYARAKAT KAMPUNG KUTA DALAM UPACARA ADAT NYUGUH”

 

180. MOCH RACHMATULLAH ARKAN “DIALOG AGAMA DAN SAINS DALAM KONTEKS PEMIKIRAN IAN G. BARBOUR”

 

181. TAOFIQ YUSMANSAH “PENDEKATAN SASTRA TERHADAP PENAFSIRAN KISAH-KISAH AL-QUR’AN (STUDI ATAS AL-FANN AL-QASHASHIYAH  FI AL-QUR’AN AL-KARIM KARYA MUHAMMAD AHMAD KHALAFULLAH)”

 

182. ABDUL RAMLI “PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TENTANG HUBUNGAN ISLAM DAN NEGARA”

 

183. IBNU MUHAJIR “TEKS DALAM FILASAFAT DAN AGAMA MENURUT ALI HARB”

 

184. ASEP AJAT SUDRAJAT “KONSEP KETUHANAN DALAM PEMIKIERAN AJIP ROSIDI: STUDI TEOLOGI ATAS NOVEL RIKMADENDA MENCARI TUHAN”

 

185. PUJANINGRUM “KRATON SEBAGAI SIMBOL HUBUNGAN TUHAN DENGAN PROSES KEHIDUPAN MANUSIA”

 

186. IWAN RIDWAN “SOSIALISME KUNTOWIJOYO”

 

187. DANI SUHENDI “KONSEP KEADILAN SOSIAL MENURUT ASHGAR ALI ENGINEER”

 

188. SAMSURI “KONSEP ISALAMISASI SAINS DALAM PEMIKIRAN MEHDI GLSHANI”

 

189. ANDRI CAHYADI “KONSEP TEOLOGI ISLAM DALAM PANDANGAN MAHMUD MUHAMMAD THAHA”

 

190. HASANAH “TRADISI RITUAL DUPA DI VIHARA AVALOKITESVARA”

 

191. MAMAN LUKMANUL HAKIM “REKONSTRUKSI PEMAHAMAN ISLAM: STUDI ATAS NALAR GERAKAN TAJDID MUHAMMADIYAH”

 

192. USMAN BUDIMAN “KONSEP IMAN MENURUT NURCHOLISH MADJID”

 

193. FARID YUSUP “KONSEP PARADIGMA HOLISME EKOLOGIS MENURUT FRITJOF CAPRA”

 

194. IMAS MASITOH “KONSEP MANUSIA MENURUT ALIRAN KEBATINAN ‘PERJALAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA”

 

195. DANI HAMDANI “ EKSISTENSI KRISTEN ARMENIAN DI TENGAH MASYARAKAT BANDUNG”

 

196. NIKO SUPRIADI “KERUKUNAN UMAT BERAGAMA PERSPEKTIF AHMADIYAH: PENELITIAN DI JEMAAT AHMADIYAH BANDUNG TENGAH”

 

197. SIDIQ HAKIKI “KONSEP METAFISIKA DERRIDA”

 

198. RAHMAT ARI ANDI “DIALEKTIKA POLITIK TAN MALAKA”

 

199. HERNA NURHAYATI “PEMIKIRAN MASDAR F. MASUDI TENTANG TEOLOGI PEMBANGUNAN”

 

200. NANA SUPRIATNA “PANDANGAN TEOLOGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-UKHWAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-UKHWAH PENEMBONG KALER DESA MEKARSARI KECAMATAN CIANJUR KABUPATEN CIANJUR)”

 

201. MEMET ISA BAHRUDIN “DIMENSI TEOLOGI SUFISTIK DALAM LIRIK LAGU-LAGU DEWA”

 

202. AKHMAD PANDJI “MODEL PEMIKIRAN KALAM HASSAN HANAFI”

 

203. AGUS MANRIADI “KONSEP YAUMUL BA’ATS MENURUT AL-GHAZALI”

 

204. ABDUL ROHMAN NOBISA “ETIKA MASYARAKAT ATONI DALAM UPACARA ADAT POIPAH:  STUDI KASUS DI KUPANG”

 

205. DARMAN RUSWANA “KONSEP EPISTEMOLOGI MENURUT ZIAUDIN SARDAR”

 

206. MOHAMMAD TOPAN “UNSUR-UNSUR ETIK DALAM PROFESIONALISME DOKTER DI LINGKUNGAN RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. HASAN SADIKIN BANDUNG JAWA BARAT”

 

207. CECEP ABDURROHMAN “KONSEP ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN MUHAMMAD NAQUB AL-ATTAS”

 

208. IRFAN GOFFARY “ETIKA SUNDA DALAM KONSEP ISLAM TARAQQY H. HASAN MUSTAFA (1852—1930)”

 

209.  N. SOLIHAH YULIA R. “PEREMPUAN DALAM PANDANGAN SOEKARNO: TELAAH TERHADAP BUKU SARINAH KARYA IR. SOEKARNO DALAM TINJAUAN FEMINISME”

 

210.  IMAN IMANUDIN “STUDI KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN TEOLOGI SEKARMADJI MARIDJAN KARTOSOEWIRYO”

 

211.   KOMARUDIN SUDRAJAT “PEMIKIRAN HAJI OEMAR SAID TJOKROAMINOTO TENTANG DEMOKRASI”

 

212. ENJANG JUNAEDI “ANTROPOLOGI METAFISIK ANTON BAKKER DALAM PANDANGAN MUHAMMAD IQBAL”

 

213. WAHIDIN HENDRAYANA “NILAI-NILAI EKSISTENSIALISME DALAM TRILOGI NOVEL PAULO COELHO: ANALISIS EKSISTENSIALISME MUHAMMAD IQBAL”

 

214. FAHMI KADAFI “ETIKA KEPEMIMPINAN ADAT DI KAMPUNG NAGA DALAM MENGHADAPI MODERNISASI”

 

215. DJADAJNG SUJANA “KOSEP KHATAMAN NABIYIN MENURUT AHMADIYAH”

 

216. DODI RUSTAMIN “KONSEP POLITIK HASAN HANAFI”

 

217. PIAH NAFISAH “KEBEBASAN MANUSIA MENURUT FREDERICK NIETZSECHE DAN MUHAMMAD IQBAL”

 

218. TEULIS “MAKNA ETIS DALAM SIMBOL PADA UPACARA NGEUYUEK SEUREUH”