Pojok Dekan

SAYA DULU BELUM MENEMU TRADISI RISET

 

DR.Wahyudin Darmalaksana, MA

TAHUN 1996 saya harus menyusun skripsi. Ketika itu di Fakultas Ushuluddin apa yang disebut masalah tidak selalu dihubungkan dengan masalah praktis semisal adanya ketimpangan di...

Arsip
Pojok Pembantu Dekan

Biografi Drs. H.O. Djauharudin AR (1933-1995).

Ilmu Harus Membentuk Akhlaq

“….pengamalan ilmu pengetahuan yang diperoleh para mahasiswa harus dapat membentuk watak/karakter mahasiswa. Watak dan karakter itu...

Arsip
Aktivitas Dosen

HARMONI KEBINEKAAN

Apabila bangsa ini tidak mampu mengelola kebhinnekaan dan membiarkan makin melebarnya keadilan sosial ekonomi, bukan tidak mungkin negara bernama Indonesia akan bubar di 2030. Sumbu ledaknya ada pada isu Suku, Agama, Ras dan Antar...

Arsip

OPTIMIS, DEKAN LEPAS 185 WISUDAWAN DENGAN IKRAR BERSAMA SIAP MENGHADAPI DUNIA
Update: Sabtu, 5-OKT-2019

USHULUDDINNEWS – SEBANYAK 183 Sarjana Fakulutas Ushuluddin  Minggu (06/10/2019) akan mengikuti prosesi wisuda di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung Jl.AH Nasution 105. Sebelum mengikuti prosesi wisuda, para sarjana tersebut mengikuti upacara pelepasan yang digelar Dekan Fakultas Ushuluddin dan jajarannya di Ruang Seminar Perpustakaan UIN Bandung.

Prosesi pelepasan ditandai dengan penyerahan Piagam kepada lima sarjana peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dan seorang sarjana tahfidz yang hapal Alquran 30 zuz. Ke lima sarjana tersebut adalah Agnes Silvia dengan IPK 36,4 jurusan Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Anisa Eka Putri dengan IPK 3,76 Jurusan Studi Agama Agama (SAA), Muhammad Erpian Maulana dengan IPK 3,77 Jurusan Ilmu Alquran Tafsir (IAT), Mohaammad Aqil Baihaqi dengan IPK 3,88 Jurusan Tasawuf Psikoterapi, dan Dudi Permana Jurusan llmu Hadits dengan IPK 3,77. Sedangkan mahasiswa yang Hapal Alquran 30 Zuz adalah Muhammad Anis Fuadi Jurusan IAT.

Seusai prosesi penyerahan piagam penghargaan dan bingkisan dari Dekan Fakultas Ushuluddin, DR.Wahyudin Darmalaksana, MA secara bersama-sama Dekan membimbing para sarjana untuk mengucapkan ikrar bersama. Ikrar yang diucapkan adalah, “Kami, Sarjana Lulusan Fakultas Ushuluddin Siap Menghadapi Tantangan Dunia,”.

Sementara itu, dalam pidato sambutannya Dekan berpesan kepada para sarjana untuk optimis menghadapi kehidupan nyata di masyarakat. Tak hanya itu, yang paling penting menurut Dekan adalah para Alumni harus mengamalkan Ilmu yang telah diraih selama mengikuti perkuliahan disertai dengan menanamkan nilai-nilai Islam moderat.

“Tunjukan bahwa anda semua mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain sesuai dengan tagline kita --Kompetitif dan Unggul—dilandasi dengan Ilmu Keislaman yang moderat dan diterima di masyarakat,” tandas Dekan.

Dekan juga mengimbau kepada para alumni untuk tetap terkoneksi dengan Fakultas Ushuluddin meski hanya lewat handphone atau media social. “Ini penting agar di antara kita tetap bersilaturrahmi dan yang paling penting untuk mengetahui kiprah para lulusan Fakultas Ushuluddin di Masayarakat,” Pungkasnya. (edited by nurholis)