Pojok Dekan

Memagari Pendakwah

Setelah isu sertifikasi ulama reda, kini muncul rencana penyusunan pedoman ceramah di tempat ibadah oleh Kementerian Agama RI. Sebagaimana dijelaskan menteri agama, ada empat hal yang melatarbelakangi rencana ini. Keempat hal tersebut...

Arsip
Pojok Pembantu Dekan

Biografi KH. Hasan Maolani

K.H. HASAN MAOLANI (1779-1874). Masyarakat setempat menyebutnya “eyang Manado,” karena di akhir hidupnya diasingkan ke Manado, Sulawesi Utara oleh pemerintah Hindia Belanda. Hasan Maolani lahir di Lengkong, Garawangi,...

Arsip
Aktivitas Dosen

Ilim Abdul Halim; Iman Sebagai Modal Dialog dengan...

Majalaya, sebuah kawasan dari Kabupaten Bandung yang dikatakan sebagai kota Dolar pada tahun 1960-an, tumbuh dengan ekonomi yang luar biasa karena pertumbuhan pabrik-pabrik tenun di  sana. Kain sarung yang menjadi penanda kehidupan...

Arsip

Jurusan SAA selenggarakan Pelatihan Plagiarism Checker
Update: Selasa, 13-JUN-2017

Sebanyak 100 Mahasiswa Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan pelatihan penggunaan Aplikasi Pengecekan plagiarism Grammarly, di Aula Fakultas Ushuluiddin, Selasa (13/6)

 

 

Mahasiswa sangat antusias mengikuti acara yang dipandu oleh Sekertaris Jurusan Rd. Roro Srirejeki Waluyajati tersebut. Mahasiswa mengikuti langkah demi langkah dari mulai pendaftaran sampai mengecek hasil akhir artikelnya.

 

 

Busro, narasumber kegiatan tersebut mengatakan bahwa pengecekan plagiarisme di era Internet seperti sekarang ini sangat penting dan mendesak, agar mahasiswa yang akan menulis baik makalah maupun skripsi terhindar dari plagiarisme.

 

 

Ketua Jurusan, Dr. Deni Miharja, M.Ag dalam sambutannya mejelaskan bahwa kegiatan ini akan terus digelar kepada mahasiswa lainnya yang belum sempat hadir, karena pengecekan plagiarism akan menjadi kebiajakan jurusan untuk ujian proposal maupun skripsi.

 

 

“Kami di jurusan akan turut aktif mengecek proposal dan skripsi mahasiswa, sebelum ada rekomendasi dari jurusan maka mahasiswa tersebut tidak boleh ikut ujian proposal,” kata Ketua Jurusan.

 

 

Pada akhir pelatihan, mahasiswa diminta membuat akun grammarly dan mengecek makalahnya masing-masing. “Baru tahu saya ternyata makalah saya masih banyak copasnya, setelah mengikuti pelatihan ini, Insya Allah saya akan lebih baik lagi dalam mengutip,” ungkap salah satu peserta.

 

Jajang Nasheri selaku ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin menyambut dengan baik acara workshop tersebut. “acara ini harus sering diadakan terutama dibulan puasa ini, dan kita sebagai mahasiswa UIN Bandung harus terhindar dengan yang namanya plagiasi dalam karya tulis terutama skripsi nanti, kan ada undang-undangnya. Meskipun sedikit kebingungan pada awal penggunaan aplikasi tersebut tapi kang Busro telah menerangkan dengan mudah dan kehangatan pun terasa kalau buka puasa bersama seperti ini”, ucapnya

 

Melalui pelatihan ini harapannya makalah atau karya ilmiah mahasiswa akan layak untuk diterbitkan baik secara cetak maupun secara online dip oral digilin UIN Sunan Gunung Djati Banadung.