Pojok Dekan

BIMBINGAN MAHASISWA MODEL USHULUDDIN UIN BANDUNG



TULISAN ini merupakan bentuk bimbingan mahasiswa yang berlangsung di Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.

Setiap dosen memiliki tugas bimbingan mahasiswa. Pembagian...

Arsip
Pojok Pembantu Dekan

MENJANGKAU HATI DENGAN REGULASI

HANYA dalam sinetron persilangan pernikahan antara si kaya dan si miskin terjadi. Hanya dalam cerita-cerita fiksi, pernikahan antara mereka yang status sosialnya tinggi dengan yang status sosialnya rendah dirayakan. Dalam dunia...

Arsip
Aktivitas Dosen

HARMONI KEBINEKAAN

Apabila bangsa ini tidak mampu mengelola kebhinnekaan dan membiarkan makin melebarnya keadilan sosial ekonomi, bukan tidak mungkin negara bernama Indonesia akan bubar di 2030. Sumbu ledaknya ada pada isu Suku, Agama, Ras dan Antar...

Arsip

JURUSAN ILMU HADITS KEMBALI GANDENG KEMENSOS PENUHI KEBUTUHAN KAUM DIFABEL
Update: Rabu, 4-MAR-2020

RUMAHMODERASI-JURUSAN Ilmu Hadits Fakultas Ushuluddin UIN Bandung kembali menggandeng Kementerian Ssosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dalam rangka memenuhi kebutuhan kaum difabel. Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Bandung DR Wahyudin Darmalaksana melalui Ketua Jurusan Ilmu Hadits DR Agus Suyadi Raharusun L.c M.Ag mengatakan kerjasama yang sedang dirintisnya itu merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dilakukan di tahun sebelumnya.

"Tahun 2018 lalu, kita pernah bekerjasama yang dituangkan melalui Memorandum of Understanding (MoU) dibidang pencetakan kitab Riyadussolihin dalam cetak braille," ujar Agus di sela-sela Workshop Literasi Naskah Keagamaan untuk Difabel Netra di Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) "Abiyoso" Jl. Kerkof No.21, Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi,Jawa Barat, Selasa (04/03/2020).

Lebih jauh Agus menjelaskan, dalam pengajuan kerjasama ke Abiyoso Kemensos RI kali ini Jurusan Ilmu Hadits Fakultas Ushuluddin UIN Bandung untuk menjalani Praktik Profesi Mahasiswa (PPM) di Abyoso Kemensos RI. Abiyoso adalah nama Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) di bawah Kemensos RI. 

Dengan program tersebut, lanjut Agus, target yang ingin dicapai antara lain adanya Braille corner untuk mengakomodasi kebutuhan Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (PDSN), Rencana pencetakan buku braille dan Produk suara braille.    

"Dari MoU ini diharapkan braille menjadi salah satu sub Capaian Profil Lulusan Jurusan (CPL) Ilmu Hadits," jelasnya.

Agus menambahkan, Workshop Literasi Naskah Keagamaan untuk Difabel Netra sendiri merupakan kerja sama Jurusan Ilmu Hadits dengan BLBI Kemensos RI. hadir menjadi pembicara dalam acara tersebut antara lain Kepala Abiyoso Kemensos R, Isep Sepriyan, M.Si, Staf Khusus Penyuluh Sosial yang merupakan penyandang disabilitas sensorik netra, Heppi Septian dan DR.  Agus Suyadi Raharusun, Lc. M.Ag(nurholis)