Pojok Dekan

BIMBINGAN MAHASISWA MODEL USHULUDDIN UIN BANDUNG



TULISAN ini merupakan bentuk bimbingan mahasiswa yang berlangsung di Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.

Setiap dosen memiliki tugas bimbingan mahasiswa. Pembagian...

Arsip
Pojok Pembantu Dekan

MENJANGKAU HATI DENGAN REGULASI

HANYA dalam sinetron persilangan pernikahan antara si kaya dan si miskin terjadi. Hanya dalam cerita-cerita fiksi, pernikahan antara mereka yang status sosialnya tinggi dengan yang status sosialnya rendah dirayakan. Dalam dunia...

Arsip
Aktivitas Dosen

HARMONI KEBINEKAAN

Apabila bangsa ini tidak mampu mengelola kebhinnekaan dan membiarkan makin melebarnya keadilan sosial ekonomi, bukan tidak mungkin negara bernama Indonesia akan bubar di 2030. Sumbu ledaknya ada pada isu Suku, Agama, Ras dan Antar...

Arsip

IAILM SURYALAYA SEPAKAT JADIKAN USHULUDDIN UIN BANDUNG KLINIK JURNAL
Update: Selasa, 3-MAR-2020

RUMAHMODERASI -  MEWUJUDKAN Jurnal Nasional terakreditasi dibutuhkan spirit. Ini tidak sulit mengingat Suryalaya merupakan pusat spirit. Setelah spirit baru menyiapkan manajemen dan terakhir teknis berupa klinik jurnal.

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Bandung DR Wahyudin Darmalaksana MA saat menjadi pembicara di Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Senin (03/03/2020). Dekan di undang menjadi keynote speaker dalam rangka pembinaan dosen di kampus tersebut bertema “Membangun Etos Akademik Menuju Kampus Merdeka Berbasis Tasawuf.”

Lebih lanjut dekan yang akrab disapa Yudi itu mengungkapkan IAILM telah memiliki jurnal online. "Ini merupakan modal utama untuk dilakukan klinik jurnal menuju akreditasi nasional,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Yudi memberikan apresiasi dan mengaku bangga dengan apa yang telah dicapai IAILM. Dia mengungkapkan, saat ini seluruh prodi di IAILM telah terakreditasi secara nasional.

"Ini pasti didasarkan spirit dan kerja keras sivitas akademika kampus IAILM di pimpinan Pak Iwan Prawiranata, SE, Ph.D Rektor IAILM yang juga saat ini berbarengan dengan saya menjadi Keynote Speaker," ungkapnya. 

Sementara itu, Busro, M.Ag, pengelola Jurnal Wawasan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung yang telah terakreditasi SINTA 2 menegaskan, akreditasi jurnal tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. "Akreditasi jurnal itu mudah yang penting memenuhi syarat,” ujar Busro.

Salah satu rekomendasi kegiatan ini adalah penyelenggaraan Klinik Jurnal IAILM oleh Rumah Jurnal Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung. Dalam kegiatan yang dihadiri puluhan sivitas akademik IAILM Suryalaya turut menjadi pembicara antara lain Dr. Suhrowardi, MA., Wakil Rektor II IAILM Suryalaya membawakan topik “Profesionalisme Dosen.” Syarif Hasani, M.Ag., Operator Sistem Akademik IAILM Suryalaya menyajikan topik “Tata Kelola Sumber Daya Manusia IAILM Berbasis Informasi Teknologi.” (edited by nurholis)