Pojok Dekan

RAMADHAN DAN LIVING QUR’AN

Gairah membaca Alquran di bulan Ramadhan ini meningkat seiring dengan berbagai keutamaannya yang digembor-gemborkan para penceramah.Tidak ada bacaan paling sering dibaca di bulan suci ini yang melebihi Alquran. Bantuan teknologi medsos...

Arsip
Pojok Pembantu Dekan

Biografi Drs. H.O. Djauharudin AR (1933-1995).

Ilmu Harus Membentuk Akhlaq

“….pengamalan ilmu pengetahuan yang diperoleh para mahasiswa harus dapat membentuk watak/karakter mahasiswa. Watak dan karakter itu...

Arsip
Aktivitas Dosen

HARMONI KEBINEKAAN

Apabila bangsa ini tidak mampu mengelola kebhinnekaan dan membiarkan makin melebarnya keadilan sosial ekonomi, bukan tidak mungkin negara bernama Indonesia akan bubar di 2030. Sumbu ledaknya ada pada isu Suku, Agama, Ras dan Antar...

Arsip

HARI INI SEBANYAK 324 MAHASISWA JALANI UJIAN KOMPREHENSIF
Update: Rabu, 27-MAR-2019

USHULUDDIN NEWS - Hari ini, Rabu 27 Maret 2019 sebanyak 324 mahasiswa di berbagai progran studi Fakultas Ushuluddin mengikuti ujian komprehensif. Ujian tersebut merupakan ujian akhir dari seluruh mata kuliah yang disajikan untuk selanjutnya mengikuti ujian sidang skripsi (munaqosah) dalam meraih gelar sarjana.

 

Wakil Dekan 1 Fakultas Ushuluddin, DR.Mulyana, Lc mengatakan proses ujian komprehensif yang cukup banyak tersebut dilaksanakan dalam dua hari yakni sampai Kamis, 28 Maret 2019. Kebijakan tersebut diambil mengingat pendaftar kali ini cukup banyak dan dipastikan tidak akan bisa selesai dalam satu hari.

 

Lebih lanjut Mulyana menjelaskan, ujian komprehensip merupakan salah satu tahap akhir mahasiswa untuk secara sah menyandang gelar sarjana. "Setelah lulus ujian komprehensip mahasiswa tinggal menyelesaikan satu tahap lagi yakni ujian/sidang skripsi. Kalau sudah dinyatakan lulus sidang skripsi, barulah dia secara sah di belakang namanya boleh menyandang gelar sarjana. 

 

Namun demikian, lanjut Mulyana, secara keseluruhan di tingkat Universitas sejak tahun 2009 telah ditetapkan bahwa ada satu syarat yang harus ditempuh mahasiswa untuk bisa mengikuti ujian/sidang skripsi. Syarat tersebut adalah mahasiswa yang mau mengikuti ujian/sidang skripsi harus terlebih dulu lulus hapalan (tahfidz) quran.

 

Mulyana menambahkan, di Fakultas Ushuluddin syarat untuk bisa mengikuti ujian munaqosah selain harus sudah lulus ujian komprehensip, mahasiswa jurusan Studi Agama Agama, Aqidah Filsafat Islam, Ilmu Hadits dan Tasawuf Psikoterapi harus hapal quran satu zuz yakni zuz 30. "Khusus jurusan Ilmu Alquran Tafsir, mahasiswa harus hapal 3 zuz," imuh Mulyana. (nurholis)